Langsung ke konten utama

Pemikiran Montesqieu Mengenai Trias Politika


BAB II
TINJAUAN TEORITIK
Trias Politika berasal dari bahasa Yunani (Tri=tiga; As=poros/pusat; Politika=kekuasaan) yang merupakan salah satu pilar demokrasi, prinsip trias politika membagi ketiga kekuasaan politik negara (eksekutif, yudikatif dan legislatif) untuk diwujudkan dalam tiga jenis lembaga negara yang saling lepas (independen) dan berada dalam peringkat yang sejajar satu sama lain. Kesejajaran dan independensi ketiga jenis lembaga negara ini diperlukan agar ketiga lembaga negara ini bisa saling mengawasi dan saling mengontrol berdasarkan prinsip checks and balances.
Konsep dasarnya adalah kekuasaan di suatu negara tidak boleh dilimpahkan pada satu struktur kekuasaan politik melainkan harus terpisah di lembaga-lembaga negara yang berbeda. Lembaga-lembaga negara tersebut adalah lembaga-lembaga pemerintah yang memiliki kewenangan untuk mewujudkan dan melaksanakan kewenangan eksekutif, lembaga-lembaga pengadilan yang berwenang menyelenggarakan kekuasaan judikatif dan lembaga-lembaga perwakilan rakyat (DPR, untuk Indonesia) yang memiliki kewenangan menjalankan kekuasaan legislatif. Di bawah sistem ini, keputusan legislatif dibuat oleh masyarakat atau oleh wakil yang wajib bekerja dan bertindak sesuai aspirasi masyarakat yang diwakilinya (konstituen) dan yang memilihnya melalui proses pemilihan umum legislatif, selain sesuai hukum dan peraturan. Dengan adanya pemisahan kekuasaan ini, akan terjamin kebebasan pembuatan undang-undang oleh parlemen, pelaksanaan undang-undang oleh lembaga peradilan, dan pelaksanaan pekerjaan negara sehari-hari oleh pemerintah.[3]
Dalam filsafat ilmu politik pemikiran Montesquieu mengenai Trias Politika berkaitan dengan aliran filsafat idealisme karena sangat menekankan kepada demokrasi dalam tubuh pemerintahan yang tidak dapat ditemui dalam aliran filsafat lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

sms ucapan selamat hari jadi | sms hari jadi

Dengan ucapan Semoga dikurniakan umur yang bermanafaat, rezeki yang halal, ilmu yang berguna, jodoh yang membahagiakan, hidup yang dirahmati. =================================== Dengan ucapan Semoga dikurniakan iman yang sempurna, akhlak yang terpuji, pekerti yang mulia, umur yang bermanafaat, rezeki yang halal, ilmu yang berguna, jodoh yang membahagiakan, hidup yang dirahmati di dunia dan akhirat. ================================== Before the clock strikes twelve let me take the opportunity to let you know that you have grown a year more… Happy birthday… ================================== Somebody up there Loves you Somebody down here cares for you Happy Birthday!!! ================================== This msg has No Fat No cholesterol n No Addictive this is all natural except, with a lot of sugar. But it can never be as sweet as the one reading it.Happy Birthday Baca juga  Puisi sajak Romantis ================================== Its just another day, but t

Tahun ini....

Assalamualaikum wr.wb  i'ts been a long loooooong time gak nulis di blog. Kayaknya 2018 deh ak nulis blog yang terakhir. Sekarang udah 2020 gessssss. 2020 penuh banget kejutan! struggle banget pokoknya. Padahal ini masih bulan Mei, tapi tantangannya udah berasa kyk satu tahun. by the way, sekarang hari Sabtu 23 Mei 2020 jam 17.51 di rumah kedungrejo. u know lah rumah w pindah2 alias tidak menetap. hehehehe ak lagi rebahan aja dikasur. Pas banget nih, besok tanggal 24Mei 2020 adalah Hari Raya Idul Fitri. Lebaran cuy besookkk. Tapi pemerintah nganjurin buat soal Ied dirumah cuy, sedih ga sih?:( trs ga boleh mudik. taulah kenapa? ak kasih tau dulu deh. Jadi, di 2020 ini lagi ada pandemi cuy di seluruh dunia, lagi lagi kita kedatengan salah satu virus yang jenisnya corona. Terus dinamain deh jadi Covid-19, alias Corona Virus Disease 2019. Awalnya dia munc di Wuhan, China akhir tahun 2019. terus entah negara lain ketularan. Indonesia pun ikut kena sekita Maret 2020. Bahaya ta virus ini?

Selama 3 tahun tidak......

ASSALAMUALAIKUM GAAEESSSSSSSS:)))))) Gue kangen nulis nih. Setelah beberapa tahun gak beredar di dunia yang fana ini gue jadi kangen nulis:) kangen nyurahin isi hati gue di blog, meskipun kagak tau ada yang baca apa enggak. Pokoknya setelah gue nulis rasanya lega plong binggow kata anak zaman sekarang;D Udah sekitar 2 tahun gue gak beredar. Nah sekarang tau tau udah selesai aja masa SMA gue. baru kemarin gue ngepost rasanya masuk SMA, eh sekarang gue ngepost pas gue udah selesai SMA ;) Oiya, SMA gue terlalu menyenangkan awalnya dulu gue pernah kan ngepost kalo gue gak betah di SMA ternyata ekpetasi gue itu salah. Ternyata SMA gue sekolah yg paling menyenangkan. Menyenangkan tugas2 nya, menyenangkan guru2nya, menyenangkan kantinnya juga. Gue gak mungkin ngejelek2in SMA gue dong, bisa-bisa gue gak jadi lulus entar ehhh:D naudzubillah. Berawal di kelas 1, gue singgah di kelas 1A. Gerombolannya anak-anak kece (menurut gue), awalnya kita kikuk karena kita gak satu sekolah pas smp eh